Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membandingkan American Drill dengan Japan/ Nagata Drill

Membandingkan American Drill dengan Japan/ Nagata Drill


Membandingkan American Drill dengan Japan/ Nagata Drill

Membandingkan American Drill dengan Japan/ Nagata Drill


Nagata Drill merupakan salah satu merek yang terkenal dari jenis Japan Drill. Kenapa terkenal? karena kain ini banyak disukai dan sering digunakan untuk bahan kemeja, seragam maupun jaket. Seragam yang dibuat umumnya adalah seragam lapangan karena Japan drill memiliki karakteristik lebih kuat dan tebal dibandingkan jenis kain lainnya. 

Nagata Drill memiliki komposisi yang didominasi oleh katun ketimbang polyester. Hal inilah yang membuat nagata drill nyaman untuk digunakan. Berdasarkan survei singkat kami di pusat bahan kain di Kota Bandung, konon Nagata Drill banyak digandrungi di daerah DIY-Jateng. Umumnya mahasiswa yang menggunakan bahan ini untuk seragam, kemeja, PDL, Korsa dan lainnya. Selain itu, kain drill dapat digunakan untuk keperluan lain seperti untuk membuat terpal, tenada, awning, dan kanopi. 

Karakteristik

karakteristik kain ini adalah permukaan kainnya lebih lembut. Kain jenis American drill terbuat dari bahan katun dan polyester. Kain ini biasanya digunakan untuk membuat jas almamater. Saat ini terdapat berbagai merek kain American Drill yang beredar di pasaran. Merek-merek tersebut memiliki variasi harga yang berbeda dan tentu kualitas yang berbeda juga. Jadi buat anda yang akan belanja kain american drill, harus jeli dan teliti dalam memilih kain american drill yang tepat. Beberapa merek merek American Drill yaitu ixten, unisale, celebrity, unione, verlando, maryland, gelora, venosa, victoria, castilo, dll. 

Saat ini sudah mulai banyak muncul di pasaran kain american drill keluaran pabrik lokal. Pastinya keluaran pabrik lokal harganya lebih murah, tetapi anda perlu hati-hati untuk memilih dan meneliti kainnya apakah kuat, tidak mudah luntur, tidak gampang brudul dan tidak gampang mengkerut. Umumnya semakin murah american drill semakin banyak campuran polyesternya yang mengakibatkan kain tersebut semakin kaku dan panas. 

Membandingkan American Drill dengan Japan/ Nagata Drill

Membandingkan American Drill dengan Japan/ Nagata Drill

Sejarah Kain Drill

Kain drill yang ringan atau tipis biasanya digunakan sebagai bahan pakaian seperti kemeja, jaket safari, blus, dan pakaian olahraga. Untuk kain drill yang lebih tebal biasanya digunakan sebagai bahan korset dan bahan busana kerja atau seragam. Penggunaan yang paling umum dari kain drill ini adalah pakaian olahraga dan seragam dalam bentuk khaki. Khaki diambil dari bahasa Hindi yaitu “khak” yang berarti warna debu, oleh karena itu model khaki ini biasanya kainnya berwarna coklat.

Pada jaman dahulu kain drill biasanya dipakai untuk pembuatan seragam tentara karena warnanya sesuai dengan warna lingkungan sehingga cocok untuk kamuflase, yaitu cenderung berwarna khaki atau mirip dengan warna debu. Pada perang dunia kedua, kain drill sangat populer sebagai bahan pembuatan seragam militer. Setelah perang dunia kedua usai banyak tentara kembali ke kampus sehingga kain drill menjadi populer karena digunakan untuk membuat pakaian kasual.

Kualitas dan harga kain drill menyesuaikan dengan bahan dasarnya, semakin banyak kadar katunnya maka harganya semakin mahal. Biasanya jenis kain Japan Drill mempunyai komposisi bahan katun lebih banyak dan lebih sedikit polyester, sehingga lebih nyaman ketika dipakai. Lebar kain drill yang dijual di pasaran biasanya 1,5 meter (sekitar 58 inchi). Umumnya kain nagata drill atau japan drill lebih mahal ketimbang kain american drill. 

Membandingkan American Drill dengan Japan/ Nagata Drill


----***----

Arto Konveksi tempat buat kemeja, pdl, pdh, jaket, jas, blazer, jasket, kaos, polo, tshirt, hoodie, rompi, varsity, training, sportwear, poloshirt, topi dll. Info lebih lanjut 08563330071. www.artokonveksi.com.

Baca juga:

2 komentar untuk "Membandingkan American Drill dengan Japan/ Nagata Drill"

  1. Tanya dong, kain dril american, japan,nagata urutan dari yg bagus gmna ya?

    BalasHapus
  2. mo tanya saya mo buat seragam karangtaruna jenis kemeja.. bagusnya pake bahan apa dan yg plink bagus jenis bahan apa .
    d tnggu balasanya ya gan??

    BalasHapus